r/indotech 3d ago

Monthly Tech Post Monthly General Discussion – September 2026 | Technology Indonesia

1 Upvotes

Welcome to r/indotech's monthly discussion! This is the place to share thoughts, questions, insights, or just casual conversations about anything related to technology.


r/indotech 3d ago

Monthly Tech Post Resource and Project Showcase - September 2026

1 Upvotes

Welcome to Resource and Project Showcase thread. Karena thread Project Showcase sebelumnya sepi, jadi gw coba initiate untuk bikin Resource thread yang gw gabungin jadi satu dengan Project Showcase.

Jadi di thread ini selain kalian bisa pamerin project, kalian bisa bikin post atau komen langsung disini, Resource yang sekiranya bermanfaat tentang apapun seputar dunia tech.

PC Building and Laptop
PSU Tier List - (src)

Device and Gadget
-

Software Engineering and Programming
Web Development Bootcamp by u/cabe-rawit

Cloud and Infra
Sewa VPS

Network and Cybersecurity
Introduction to Cybersecurity - (src)

Gaming
Gamepad List Spreadsheet - (src)

Untuk sementara gw langsung taruh disini sesuai kategori. Ntar kalo misal udah kepanjangan, I'll consider using excel or notion page biar lebih gampang buat navigate.

Sebenernya banyak banget link-link bagus tertimbun. Cuma males nge-scroll wkwkwk.

Untuk Project Showcase masih gw taruh di link yang sama.
https://wary-wok-1ca.notion.site/r-indoytech-Project-Showcase-Archive-11117ef02dde80eb9752d5c74448fd5c?pvs=25

Silahkan kalau ada masukan atau apapun, we are open to suggestions. Thanks.


r/indotech 5h ago

General Ask Setelah tanya ke beberapa forum ini yang di rekomendasikan eartips untuk ASMR di harga 100 ribu kebawah

Thumbnail
gallery
59 Upvotes

  1. Moondrop Spring Tips

  2. he sonic galaxy

  3. feallue latex

  4. final type e

  5. Tang sancai Brass wide bore

  6. artpical slime

  7. bgvp b01

Gimana menurut kalian?

Pilih 1 yang paling cocok buat Tanchjim Bunny DSP untuk kebutuhan ASMR, mouthsound dan sebagainya.


r/indotech 1h ago

Teknologi Jadoel Emang msh kepake ya nonton film langsung dari satelit gini?

Post image
Upvotes

Gw cukup amaze sih jaman sekarang msh ada yg pake teknologi se jadoel ini... Nonton di "tembak" langsung dari satelit..

Entah kelebihan duit, gatek, atau udah ga kepake... I don't know tbh...


r/indotech 7h ago

General Ask Dear IT Expert, Kenapa Ngeblokir Judol Lebih Susah daripada yang Lain?

76 Upvotes

As we all know, Komdongo emg hobi banget ngeblokir beberapa web2 kesayangan kita (yah walaupun ada yg udah balik lagi, misalnya Steam diblokir gegara PSE, trus dibuka lagi). Yah, "ANYTHING BUT JUDOL" they said in a lot of comments like FB, IG, X, even Reddit.

Tapi gw mau nanya nih, sesusah apa sih buat ngeblokir judol sampe2 saking susahnya Komdigi dicap gak becus? Terus gimana caranya mengedukasi masyarakat klo ngeblokir judol tuh susah banget (terutama yg markasnya di luar negeri), dan mending mengedukasi mereka cara agar gak terpaku sama judol?


r/indotech 1h ago

Electronic and Appliances Travel buddy keliling kota

Post image
Upvotes

Biasa nongkrong bawa ginian kalo wfc, kadang d kira hacker gara" bawa si ijo dan d suruh d matiin


r/indotech 7h ago

Telecommunication Services IndiHome FUP 2TB, minta saran

Thumbnail
gallery
30 Upvotes

langganan IndiHome sejak jaman covid tagihan ga berubah. Awal paket 30Mbps FUP 550GB, lalu pelan2 kalo ga salah tiap tahun pas indihome ultah dapat bonus naik speed ke 100Mbps & fup nambah ke sekitar 2000GB per tahun ini tanpa nambah biaya (so far tagihan 260k/month).

Lalu di WhatsApp resminya dapat penawaran naik ke 500 Mbps dengan nambah 77k/month. Buat saya itu penawaran menarik dan lagi dipertimbangkan karena pemakaian saya mungkin bisa tembus 1.5TB per bulan jika speednya lebih tinggi, tapi... masalahnya router terbilang jadul.

Ada baiknya ajukan ganti router kah guys? apakah bisa minta modem/router yang 5GHz.. sekarang router yg saya pakai model Fiberhome mentok di 2.4GHz.
Sarannya master


r/indotech 3h ago

General Ask chat ig ke seseorang, trus discreenshot, keluar notif di hp seseorang tersebut

11 Upvotes

sejak kapan guys ??, saya baru tau


r/indotech 14h ago

Network and Security 1 minggu Adguard Home nge block sebanyak ini

Post image
53 Upvotes

r/indotech 3h ago

Gadget and Devices lenovo legion tab, wdyt? apakah bagus di harga 8jt'an 16/512 8.8", kebutuhan media comsuption sama game emulation (mentok² PSX2)

Post image
8 Upvotes

Hallo temen², jd dr postingan sebelumnya akhirnya ketemulah tablet android ukuran yg pas mirip² ipad mini, alasan masih suka android krn ada sideloading apps'nya (bsa install morphe, stremio dkk hehe)...

buat kerja remote maybe buka browser sama termius ssh, remote desktop pake rustdesk dan gk banyak buka app sekaligus. jd kalo temen² yg ada pengalaman pake tablet ini monggo boleh sharing..

oh iya saya gk suka merek² xiaomi atau huawei walaupun spek bagus krn OS'nya ribet bgt di debloat (pasti ada² aja problem'nya), jd penasaran di lenovo tab ini kan pake stock ui'nya ZUI nah klo pake 0x192/universal-android-debloater bisa gk yah


r/indotech 12h ago

Online Services As of September 4, 2026: Switch 2 hasn't jailbreak yet. 456 days have passed since release about 1 year, 2 months, 30 days.

Post image
34 Upvotes

r/indotech 2h ago

PC and Laptop Apakah Motherboard dengan 16gb max of DDR3 masih worth it di 2026/27

5 Upvotes

Menurut kalian untuk Budget PC apakah Mobo DDR3 16GB masih worth it di 2026 karena DDR4/DDR5 sekarang lagi mahal banget?

Atau lebih baik nunggu part-part yang up to date turun aja?


r/indotech 6h ago

PC and Laptop Sekarang Laptop dijual dgn kabel terpisah. Kasusnya di Jerman, ketika seseorang mau membeli laptop. Sepertinya ini akan semakin sering terjadi terhadap laptop yang menggunakan charger type C atas nama lingkungan

Thumbnail gallery
10 Upvotes

r/indotech 4h ago

Electronic and Appliances Android 17 vs IOS 27 UI Comparison

Post image
7 Upvotes

Nature VS Urban Metropolitan

Android Left vs Iphone Right


r/indotech 6h ago

Tech News Motherboards may get more expensive as PCB, capacitor and Wi-Fi costs rise

Thumbnail
7 Upvotes

r/indotech 26m ago

Funny and Meme "OK Google!" is officially shutting down Assistant on September 4, 2026!

Post image
Upvotes

Google released Assistant in May 2016. Google Assistant aims to make it easier for users to operate smartphones using only voice commands. Entering the AI era, Google released its new product, Gemini, in December 2023.


r/indotech 36m ago

PC and Laptop Apakah i5 14600KF aman? Upgrade dari 10400

Upvotes

Saya mau upgrade proc PC dari i5 10400,

So far ngecek 14600KF ini jd kandidat utama berdasarkan budget 5-7jt

Tapi kalo liat info terakhir, 14th gen intel ini sempet masalah ya?

Ada yg bisa ngasi saran?


r/indotech 8h ago

General Ask app declutter foto/video yg paling best?

5 Upvotes

ada puluhan ribu foto di gallery hp gw (thanks to whatsapp). sebagian penting, sebagian udah ga relevan (kalau forwarded photos udah ada fitur nya di whatsapp).

pada pake app declutter apa yah?

So far pake Sponge cukup bagus, cuman kadang males banget, wish there's an app that can tell which is important or not (or local AI LLM with prompt for privacy)

nb: just checked, 80rb photos, 10rb videos in gallery! (only 5rb items in camera folder)


r/indotech 1d ago

Funny and Meme In a technology store in Russia, a robot tried to attack a customer who pushed it.

Enable HLS to view with audio, or disable this notification

313 Upvotes

r/indotech 1h ago

General Ask Minta Rekomendasi HP Dengan Budget 4-5jtan

Upvotes

Sedang ada rencana buat ganti hp, tp ngeliat harga hp yang terus meroket tahun ini, rencana jadi mau ambil hp second, konsiderasi antara POCO X8 PRO atau XIAOMI 14T, secara 2 hp itu harga secondnya mirip di sekitar 5jtan (opsi 512gb), mohon rekomendasi nya dong mending mana atau mungkin ada opsi lain, penggunaan lebih ke general use dan game ringan


r/indotech 8h ago

PC and Laptop Toko online beli laptop yang trusted

4 Upvotes

Halooo. First time buyer disini dan berencana mau beli laptop. Ada rekomendasi ga ya toko toko yang terpercaya dari teman teman


r/indotech 9h ago

Electronic and Appliances MiniLED itu masuk kategori IPS? If so, ada list Monitor dengan MiniLED dan fitur Local Dimming?

4 Upvotes

both 1080p and 1440p.

RTX 5069 Ti 16GB + Ryzen & 5600


r/indotech 21h ago

Electronic and Appliances Apakah ini contoh ODM di Powerbank?

Post image
38 Upvotes

Kanan Acmic punya gw udah lama, kiri Jete punya mak gw hadiah kantor, gw jadi curiga apakah ini ODM wkwk


r/indotech 1d ago

Teknologi Jadoel Waduh, dulu pernah punya HP ini nih, kalian ada pengalaman pernah punya HP ini?

Post image
69 Upvotes

Salah satu feature phone legendaris versi saya.


r/indotech 23h ago

Gaming Apakah Advan X-Play lebih repairable di Indonesia dibandingkan saingannya?

Post image
40 Upvotes

Gua baru tau kemaren kalo Advan nyoba bikin pc handheld dan penasaran apakah ini lebih repairable di Indonesia dibandingkan saingannya kek steamdeck karena Advan itu merek lokal. Logikanya kan karena ini merk lokal jadi service center yang di approved sama Advan bakal lebih mudah dapet sparepart buat ini dibandingkan buat steamdeck.

Edit: Gua gak pengen beli, cuman penasaran doang sumpah.